Qur’an Night

Sekolah Dasar Islam Al-Izzah kembali mengadakan kegiatan penunjang pembelajaran Al-Qur’an. Kegiatan ini diberi nama Qur’an Night (QN). Qur’an Night merupakan kegiatan dimana seluruh siswa berangkat ke sekolah di sore hari dan pulang pada malam hari. Tidak ada pembelajaran material secara khusus karena pada hari itu pembelajaran diarahkan untuk memotivasi siswa agar bersemangat kembali menghafal, membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dalam keseharian. Tema kali ini adalah Ceria Bersama Al-Qur’an.

Diawali kegiatan shalat ‘Ashar berjama’ah kemudian mengaji anak-anak terlihat sangat ceria. Bahkan ada yang sudah berangkat satu jam lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Ini menunjukkan betapa para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Hal yang tidak kalah asyik adalah kegiatan membakar jagung dimana setiap siswa mempraktikannya sendiri. Wah, jarang-jarang ya! Ada DSC_0551 Kecilyang berani ada juga yang takut terkena api. Namun, karena didampingi ustadz/ustadzah maka bisa diatasi.

Setelah makan malam dan shalat magrib, ustadz Asgar mengarahkan untuk muraja’ah dan diselingi cerita tentang seorang anak yang menghafal Al-Qur’an di negeri Palestina. Betapa sulitnya hidup di negara yang terkena konflik tetapi hafalan qDSC_0560 Kecilur’an tetap terjaga. Allah akan menjamin kehidupan seseorang yang menghafalkan al-qur’an. Saat diceritakan kisah tersebut, anak-anak menjadi terdiam dan mendengarkan dengan seksama. Setelah itu, ada penampilan tasmi (melafalkan bacaan qur’an) oleh siswa bina prestasi al-qur’an yang dibawakan oleh Aqila dan Yasmin Attaqi. Subhanallah, sangat keren bisa berprestasi dalam menghafal al-qur’an. Hal itu juga dapat memotivasi anak-anak agar bertambah semangat dalam menghafal al-qur’an.

DSC_0620 KecilSeusai shalat isya, anak-anak disuguhkan dengan kisah teladan yang dibawakan oleh Kak Apit. Kak Apit merupakan pendongeng islami yang sudah sering diundang untuk mengisi pengajian anak-anak. Semua anak sangat antusias mengikuti kisah tersebut. Apalagi kak Apit menyampaikannya dengan bahasa anak-anak. Tak heran ada anak yang sampai mengikuti tingkah gaya kak Apit saat bercerita.

Acara selesai jam 9 malam. Orang tua sudah siap menjemput anak-anaknya di pintu gerbang. Wah, asyik sekali Qur’an Night kali ini. (AUP)

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2016/04/quran-night/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment