Rihlah Qur’an

Qur’anic Camp

Cinta Alam Cinta Al-Qur’an

Pada tanggal 14 – 15 Oktober 2016 SD Islam Al-Izzah mengadakan kegiatan Rihlah Qur’an. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diadakan setidaknya 2 kali dalam setahun. Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan tersebut diadakan di sekolah pada malam hari. Namun, untuk tahun ini kegiatan tersebut dilakukan di luar sekolah bertajuk Qur’anic Camp 2015 dengan tema Cinta Alam Cinta Al-Qur’an.

Kegiatan ini sebetulnya sudah direncanakan sejak lama tetapi karena banyaknya kegiatan maka baru bisa dilaksanakan pada hari tersebut. Persiapan pun sudah dilakukan dengan maksimal walaupun dari segi waktu sangat mepet karena hanya 2 minggu persiapan. Setelah panitia yang diketuai oleh ust. Asgar bolak balik rapat dan melalui banyak pertimbangan, maka diputuskan pelaksanaan kegiatan Rihlah Qur’an di bumi perkemahan baturraden.

Pada hari pelaksanaan panitia sudah datang lebih awal pada pukul 10 pagi. Perlengkapan dan ubo rampenya pun tidak luput dibawa. Beruntung karena tahun ini ada tambahan ustadz (pengajar laki-laki) sehingga untuk perlengkapan dan persiapan kemah bisa dihandle dengan baik walaupun agak kesulitan juga dalam pemasangan tenda konvensional yang menggunakan bambu. Setelah itu panggilan alam pun melanda para ustadz. Banyak yang merasa kelaparan. Namun, sie konsumsi yang saat itu dipegang oleh ust. Wati sudah sangat antisipatif dan makan siang pun segera datang sehingga pasokan energi para ustadz kembali penuh.

Ba’da shalat Ashar para murid SD Islam Al-Izzah sudah mulai berdatangan. Dan alhamdulillah semua tenda sudah disiapkan oleh panitia. Kegiatan Rihlah Qur’an ini dibawakan oleh ust. Angga dan ust. Rofi yang diawali dengan games estafet ayat. Jadi, setiap anak menyampaikan 1 ayat kepada teman yang lain dalam satu kelompok. Setiap kelompok berlomba saling cepat menyelesaikan ayat yang baru dihafalkan tersebut. Games ini menuntut anak menghafalkan paling tidak 1 ayat pada hari itu. Subhanallah, antusiasme anak-anak sangat baik. Alih-alih bermain sambil menghafal Al-Qur’an.

Setelah shalat Maghrib, makan dan shalat isya, anak-anak berkumpul mendekati api unggun. Di sana ternyata ada seorang kakek (ust. Aris) dan cucunya (ust. Irvan) yang sudah siap beracting menyampaikan semangat untuk menghafal Al-Qur’an. Sorak sorai anak-anak melengkapi drama tersebut.

Seusai drama tersebut selesai maka kelas 1 dan 2 pulang ke rumah masing-masing. Namun, untuk kelas 3 sampai 5 tetap tinggal untuk mengikuti acara selanjutnya sampai esok hari.

Kegiatan selanjutnya adalah tidur. Anak-anak sudah mendapatkan tenda untuk tidur bersama pendamping ustadz/ah. Bagi panitia ada breafing lagi untuk mengecek persiapan kegiatan selanjutnya. Subhanallah, sangat luar bisa panitia yang sudah sigap menyiapkan kegiatan ini.

Pukul 03.00 pagi anak-anak dibangunkan untuk shalat malam. Sebuah sensasi berbeda karena shalat malam dilakukan di tempat kemah yang sunyi, gelap dan diintari pleh pepohonan yang besar. Membuat semakin sadar betapa kecilnya manusia di hadapan Allah SWT.

Subuh yang mengantuk dialami oleh beberapa anak dan ustadz (ust. Angga dan ust. Aris) yang semalaman tidak tidur karena bertugas ronda. Namun, rasa kantuk itu hilang setelah senam dan wide game pagi dilaksanakan. Semangat anak-anak ternyata menular pada ustadz/ahnya.

Kegiatan berakhir setelah makan pagi, pembagian hadiah bagi para juara, dan refleksi kegiatan hari tersebut.

Tetap semangat anak-anakku, tiada yang percuma semua usaha yang kamu lakukan karena Allah melihat semua usaha yang kamu lakukan dan Allah akan membalasnya sebesar apa pun amal yang sudah engkau berikan!

Bagi para pendidik, ingatlah ilmu-ilmu yang kita ajarkan akan menjari amal yang selalu mengalir walaupun kita telah tiada. Marilah berjihad dari apa yang kita bisa dan kita yakini!

Wallahu a’lam

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2016/04/rihlah-quran/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment