Siswa Hobinya Menghafal Quran

Oleh: Robi Rizkianto, 7 April 2016

Sepulang sekolah, anak-anak berlarian ke lapangan untuk main sembari menunggu jemputan. Para ustad dan ustadzah dengan menggunakan mic dan megaphone bergantian memanggil siswa yang sudah dijemput. Wali murid biasanya menunggu anaknya di depan gerbang. Mereka sudah menunggu sekitar 15 menit sebelum waktu kepulangan, 13.30.

Hari ini, sekitar pukul 14.30, saya melihat dua siswa kelas 5 ternyata sedang murojaah. Di bawah naungan langit yang sedang mendung, mereka justru asyik berbaring dengan melantunkan ayat al Quran. Temannya mendengarkan bacaan quran yang berada di juz 29 dengan seksama. Masya allah. Ini gambaran yang menarik sekali.

Memang, ini jadi salah satu keunggulan sekolah al izzah. Siswa diakrabkan dengan al quran. Sejak mereka memasuki gerbang hingga meninggalkan gerbang. Saat siswa datang pagi hari, sekolah sudah menyambutnya dengan lantunan al quran juz 30 hingga jam 7.00. Kemudian setelah itu, anak-anak belajar al Quran dulu bersama tim Quran menggunakan metode ummi. Saat hendak memulai pelajaran, guru kelas mengawalinya dengan murojaah al quran bersama-sama. Siang hari setelah sholat berjamaah di aula al izzah, anak-anak lagi-lagi diminta murojaah bersama. Singkatnya, aktifitas dari awal hingga akhir, anak-anak didekatkan selalu dengan al Quran.

Semoga kelak mereka jadi hafidz al Quran. Mereka baru kelas 5 saja sudah hampir 2 juz. Sedangkan di luar sana belum tentu orang yang lebih dewasa dibanding mereka sudah mampu menghafal al Quran. Saya mengibaratkan anak-anak seperti lembaran kertas kosong. Saat lingkungannya dekat dengan al Quran maka tinta emas akan mengukirkan berbagai karakter kebaikan di dalam hati mereka berdasar tuntunan al Quran.

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2016/04/siswa-hobinya-menghafal-quran/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

2 Thoughts to “Siswa Hobinya Menghafal Quran”

  1. Faza

    Masya Allah, Semoga Al-Izzah semakin maju, dan semoga segera didirikan SMP Islam Al-Izzah Purwokerto agar mereka lulus sudah berdiri sekolah yang berkelanjutan. Sukses buat Al Izzah

    1. alizzah

      Aamiin yaa Robb, mohon do’a dan restunya….

Leave a Comment