Menelusuri Jejak Pejuang MUSLIM

Tidak akan ada namanya hari ini

kalau tidak ada hari kemarin,

Tidak akan ada namanya hari kemarin

kalau tidak ada lusa yang lalu

Tidak akan ada namanya lusa yang lalu

Kalau tidak ada dahulu

Tidak akan ada namanya dahulu

Kalau tidak ada dahulu yang paling dahulu

Cerita yang lalu, dimulai dari “PADA ZAMAN DAHULU”

“Pada zaman dahulu” biasanya identik untuk mengawali cerita/peristiwa yang terjadi pada masa dahulu atau lampau, yang kebanyakan sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu bahkan sampai berabad-abad tahun yang lalu, yang mungkin kita sendiri tidak pernah membayangkan akan adanya peristiwa tersebut. Kita tidak perlu khawatir tidak tahu dengan apa yang telah terjadi sebelum kita lahir kedunia ini, karena kita dapat melacaknya melalui jejak-jejak peninggalannya. Kalau belum puas hanya dengan melihat jejak peninggalanya, bisa juga mencari tambahan informasinya melalui  “si mbah”, kalau mbah kalian sudah pada meninggal kalian boleh juga bertanya kepada mbahnya teman kalian, mbah tetangga kalian atau mbah dikomputer kalian..”si mbah google”..he, Kalau masih butuh refrensi yang lebih valid lagi, kalian bisa melacak peristiwa-peristiwa yang terjadi pada zaman dahulu melalui buku-buku sejarah, kitab-kitab sejarah, monumen-monumen sejarah, sampai kepada para pakar sejarah.

Galeri Pejuang2Kalau kalian hidup di Indonesia, sudah sepantasnya tahu tentang sejarah indonesia, kalau kalian orang muslim sudah sepantasnya kalian juga harus tahu tentang sejarah-sejarah yang berkaitan dengan muslim # ISLAM. Nah.. untuk itu, hari Jum’at, 29 April 2016 yang lalu, teman-teman SD AL-Izzah diajak untuk menelusuri jejak sejarah. Karena sejarah itu sangat banyak dan luas, maka tema yang kami angkat untuk ditelusuri jejak-jejak sejarahnya kali ini adalah jejak para pejuang muslim. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak teman-teman mengenali tokoh-tokoh para pejuang muslim yang telah banyak berkontribusi memperjuangkan segalanya yang dapat kita jalani dan nikmati sekarang ini. Selain itu, kami ingin teman-teman dapat meneladani sikap dan semangat yang dimiliki oleh para pejuang. Tokoh pejuang muslim yang diangkat adalah pejuang-pejuang yang memperjuangkan agama ISLAM maupun pejuang Muslim yang memperjuangkan negara INDONESIA.

Penelusuran dimulai dengan mencari tahu biografi para tokoh pejuang muslim. Teman-teman dari kelas 1 sampai kelas 5 diperbolehkan mencari satu biografi pejuang muslim lalu mencatatnya pada selembar kertas HVS kemudian saat hari penyambutan yaitu pada pagi hari saat mereka datang ke sekolah, para ustadz/zah sudah siap menyambut mereka dan menayakan kepada teman-teman siapakah tokoh pejuang yang menjadi favoritnya atau yang telah dicari biografinya. Setelah sedikit diwawancara, teman-teman yang telah menuliskan biografi pejuang muslim pada kertas HVS, diminta untuk menempelkannya pada mading yang ada di sekolah. Tujuannya, agar tulisan-tulisan dari teman-teman ini dapat dibaca oleh teman yang lainnya, sehingga akan menambah refrensi tokoh pejuang muslim dari tiap anak. Dari yang satu anak membawa satu biografi, dia dapat juga membaca biografi tokoh pejuang muslim lainnya yang dibawa oleh teman yang lainnya. Sehingga bertambahlah pengertahuannya tentang tokoh-tokoh pejuang muslim. Beberapa tokoh pejuang muslim yang sudah ditulis biografinya oleh teman-teman adalah Jenderal soedirman, Pangeran diponegoro, Patimura, Imam Bonjol, Cut nyak dien, Muh. Al Fatih, Umar, Ali, Salman Al Farisi dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya kita mengenalkan sejarah kepada para generasi muda sejak sekarang. # Ginanjar SK

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment