JAMBORE DAN LT YANG MENGESANKAN

Purwokerto, 13-15 Agustus 2106

Assalamu’alaikum wr.wb

DSC_0455

Awan berarak, menggeliat dengan enggan nya dari peraduan, langit sedikit demi sedikit mulai tertutupi oleh gumpalan awan hitam yang berjalan lembut, semilir angin pagi nan sejuk menerpa wajah-wajah penuh antusias yang sudah berkumpul sejak pagi tadi di halaman sekolah kami, untuk pertama kali nya kami mewakilkan 1 tim putra dan 1 tim putri untuk ikut serta dalam Jambore dan Lomba tingkat pramuka yang diadakan oleh UPK Kedungbanteng, Alhamdulillah murid kelas 4-6 yang dipilih untuk mengikuti pun terlihat begitu bersemangat pagi itu dan tak kalah pula para orang tua yang begitu mendukung kegiatan putra/putri mereka.

Suara derap kaki dan alunan tongkat berpadu dengan irama yang pas, sempat beberapa kali latian PBB untuk terakhir kali sebelum rombongan ini diberangkatkan, di depan mobil yang akn membawa teman-teman kecil sudah siap, beberapa orang tua murid masih menunggu untuk melepas kepergian putra/putri mereka tercinta, dan rintik lembut itupun mulai berguguran dari langit dan cukup membuat kami memaksakan diri untuk berteduh sejenak , namun tidak berlangsung lama, hanya sekitar 5 menit lalu reda kembali. Alhamdulillah.

Sebelum berangkat Ustadzah Fitri memberikan support pada murid-murid yang akan berjuang, “entah apapun akhirnya nanti, menang atau tidak, itu bukan masalah, yang penting temen-temen sudah semnagat dan sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan” begitu pesan dari beliau, dan di tutup dengan sorakan yel-yel dari masing-masing tim.

Keberangkatan pun tiba, semua murid dan beberapa pendamping menaiki armada yang sudah disiapkan, tak lupa kami awali dengan untaian doa, agar Allah lancarkan perjalanan ini,  sepanjang perjalanan diisi dengan canda tawa sesama murid, kami di sugughkan jalur yang lumayan memacu adrenalin, naik, berkelok, menikung, dan curam, dan mampu terucap, sebuah lapangan dengan puluhan tenda sudah berjajar dengan rapi dan background alam yang Maha Indah, bukit yang   berliku, hamparan sawah yang lapang dan gemericik air sungai di ujung lapangan, dan aroma pegunungan yang langsung menyambut indra penciuman kami. Sejuk ..

Kegiatan pertama yang kami lakukan ketika sampai di tempat tujuan kami adalah upacara pembukaan, yang dipimpin oleh kakak pembina ada pula sambutan dari kepala desa windujaya selaku tuan rumah yang telah mengizinkan kami untuk menggunakan fasilitas yang tersedia. Selesai upacara dan istirahat sejenak, saat nya kami bergerilya untuk bergabung bersama team yang lain menyelesaikan serentetan perlombaan yang sudah disediakan oleh panitia, dan satu hal lagi, pagi itu Allah lebih tau apa yang baik untuk hamba-hambaNya, Dia menurunkan hujan sepanjang hari itu, bukan hujan yang lebat, gerimis yang cukup panjang dan cukup membuat kami basah kuyup.

DSC_0454

Alhamdulillah, hari pertama dilalui dengan sukses, walaupun banyak cerita mewarnai waktu yang kami habiskan bersama, canda, tawa, sedih, bahagia melebur menjadi satu, belum lagi ditambah dengan guyuran hujan yang lumayan lebat pada malam pertama kami di tenda, desauan  angin bertemu dengan rinai hujan yang menerpa tenda kami, air sampai menggenang hingga mata kaki, ada beberapa tenda yang penghuni nya hingga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, dan  Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan adanya panggung-panggung kecil untuk alas tidur kami, sehingga air tidak membasahi tenda kami. Dan malam ini kami melalui malam dengan sangat panjang, rasanya kapan pagi tiba ?

Pagi menyingsing, fajar mulai menampakkan kemegahan silau emasnya, adzan bergema dari beberapa arah, suara ayam berkokok terdengar sayup, kicauan burung yang syahdu, sapuan udara pagi menerpa wajah kami begitu keluar dari tenda untuk menunaikan keewajiban solat subuh,    bbbrrrrr …dingin

Nah, hari kedua, ada beberapa asatidzah yang bergantian shift untuk menggantikan yang sebelumnya karena kondisi tempat dan cuaca yang berbedda lumayan menguras fisik jika imunitas tubuh sedang melemah maka akan mudah terserang sakit ringan. Di hari kedua ini ada beberapa anak yang mulai terserang sariawan, batuk, flu sampai pusing. Disinilah terkadang kita anggap sepele masalah ini, jaga kesehatan sangat perlu, pagi ini kami disuguhkan oleh jalan setapak yang sungguh membuat kami enggan sekali untuk berjalan di atas nya, becek, tanah dan air yang bergeliat menjadi satu tanpa ampun akan terus mengikuti langkah kami, aroma lumpur yang khas, namun bagi anak-anak ini adalah  sebuah pengalaman yang menyenangkan, “kapan lagi coba bisa main sepuasanya diatas lumpur begini kalo ga saat ini “ begitu pikir mereka dalam hati (karena sebagian murid hampir tidak pernah bermain yang kotor-kotor semacam ini )

DSC_0267

Selepas sarapan pagi dan berbagai aktifitas pagi lainnya, kami  sudah di panggil olek kakak-kakak pembina untuk berkumpul di halaman tengah, acara pagi ini adalah upacara HUT PRAMUKA yang ke 55, waktu beberapa menit disediakan untuk kami bersiap dalam balutan seragam pramuka lengkap.

Break sejenak, lalu di lanjut dengan lomba dragbar yaitu pembuatan alat tandu oleh masing-masing team, sebenarnya tidak boleh pendamping itu masuk ke arena lomba, tapi untuk sebuah gambar cekrek inilah tim putra dengan semangat dan kerjasama yang bagus mampu menyelesaikan lomba tersebut

Dan di sisi lain, ada team putri yang berusaha dengan keras untuk menyelesaikan cabang lomba ini, awalnya sedikit kesusahan, namun yang kami lihat adalah usaha dan tanggungjawab yang sedang mereka pikul saat ini sungguh menakjubkan, walaupun entah hasilnya tak sesuai dengan yang diharapkan.

Lanjut, selesai cabang lomba itu ada lagi lomba yang lain menanti,  wide game :  anak-anak berpetualang untuk mecari beberapa pos yang sudah disediakan oleh panitia, dan meyelesaikan tugas di setiap pos nya, hingga ada pos yang halng rintang, padahal suasana pagi itu  sempat di gerimis, sempurna anak-anak kembali ke tenda dalam keadaan baju yang sudah tak terbentuk rupanya, makan siang, solat dan segala macemnya, untuk tim putra sore itu ada yang memasak, lalu 20  hitungan mundur oleh panitia, anak-anak di harap berkumpul kembali ke tengah, untuk LCC, (foto LCC) ada 35 soal yang dibacakan oleh panitia dan mereka dipaksakan unutk menjawab dengan cepat dan tepat saat itu juga, Alhamdulillah selesai.

DSC_0015

Istirahat sejenak, solat maghrib, makan, dan kegiatan selanjutnya ada koor dan ketoprak humor, untuk koor perwakilan dari pangkialan kami sudah maju kemarin, dan untuk ketoprak humor tidak mengambil kesempatan ini karena memang kami belum mempersiapkannya.

Lelah, nagntuk, berpadu menjadi satu, temen-temen putri mulai ada yang rebahan, “aku boleh tidur engga us ?” tanya salah satu dari mereka, “nanti, tunggu adzan isya dulu,solat, baru kalian boleh tidur”. Jam masih menunjukan pukul 20.30 ketika mereka sudah siap di tempat tidur nya masing-masing, kami belajar untuk berbagi, tempat tidur kami saaat ini tidak selonggar kamar kami masing-masing dirumah, tidakj senyaman dan se empuk kasur kami dirumah, tapi inilah nikmat nya menerima dan bersabar. Tidak lupa kami murojaah bersama dan membaca doa sebelum tidur, lalu dalam hitungan menit sudah tidak ada suara tersisa, sepi, senyap, wqalaupun diluar sana mikrofon tetap bergema denga semangat nya.

Malam ini, masih ada acara puncak yaitu api unggun, kakak-kakak pembina yang bertugas mulai mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, kayu mulai ditata dengan rapi membentuk kerucut, obor dipersiapkan, api di nyalakan, dan latian pun berlangsung saat itu.

Beberapa saat menanti, pukul 23.30 upacara api unggun baru dimulai, ada beberapa teman-teman dari SD lain yang masih terjaga dan mereka mengikuti upacara itu hingga selesai, letusan kembang api, kobaran api yang mulai menjalar ke kayu yang semula rapi di tata, dan  lagu yang terus mengiringi, namun sepertinya indra penglihatan ini sudah tak mau di ajak untuk bekerjasama, saat nya untuk memberi hak pada tubuh ini untuk istirahat, kami kembali ke tenda dan tidur.

DSC_0454

Pukul 05.00, kami memaksakan diri untuk bangun dari hangat nya selimut yang melindungi kami dari dingin, solat subuh, lalu packing  barang bawaan masing-masing,  acara pagi ini adalah  “senam pagi” yang dipandu oleh sebagian kakak-kakak SMP dari beberapa sekolah, dengan 10 hitungan mundur, teman-teman dari semua pangkalan diharap sudah bisa berkumpul di depan, ini lah kami butuhkan, kedisiplinan, menghargai waktu, seberapa pun ribet nya persaipan pagi itu, karena menyiapkan berbagai kebutuhan 10 murid dalam satu tenda.

Sarapan pagi sudah datang, bu Mus dengan setia selalu mengantarkan kami makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh kami, selepas sarapan ada acara bakti sosial, bersih lingkungan sekitar dan bersih-bersih tenda. Kebersihan dan kerapian tenda ini masuk dalam penilaian juga, packing selesai, anak-anak kembali mempersiapkan diri untuk upacara pentupan. Pendamping membongkar tenda dan merapikan kembali barang bawaan yang perlu dirapikan. Pukul 10.00 semua sudah siap, tinggal menunggu taksi barang yang akan mengangkut barang-barang kami.

Ada beberapa pengumuman pemenang tim ketika upacara itu berlangsung, berharap ada satu atau dua cabang lomba yang lolos, kenyataan nya tak satu pun   pangkalan SD kami di sebutkan L, namun disini kami mendapat banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang berharga, mudah-mudahan ini akan bermanfaat bagi kalian di hari esok, biarkan ini menjadi kenangan kalian kelak ketika saaat dimana kita sudah tak bisa bertatap muka, biarkan ini menjadi lembaran yang penuh suka dan duka ketika kalian menapaki hari-hari di sekolah kami ini, biarkan ini menjadi sekelumit kenangan bahwa kalian pernah mengenyam pendidikan di sekolah kami tercinta ini AL-IZZAH.

Akhirnya kami tutup 3 hari 2 malam ini denga foto bersama. Cekrek ..

DSC_0537

Dan mobil yang menjemput kami tiba juga, kami kembali ke sekolah dengan masing-masing cerita dalam benak kami.

Tidak kalah heboh juga ketika sudah sampai di gerbang sekolah, sambutan ibu-ibu yang sudah menantikan kehadiran putra putrinya, sambil geleng-geleng kepala “yaa Allah baju anak ku” dengan ekspresi yang khas nya ibu-ibu.

Alhamdulillah…

Selessai juga petualangan kami dalam 3 hari ini, inilah sekelumit cerita yang tersimpan dibalik jambore dan LT tahun 2016. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan dihati para pembaca, karena jemari ini juga milik manusia biasa dengan segala kekurangan yang ada pada diri ini.

Akhir kata

Wassalamu’alaikum wr wb.

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment