Sekolah yang Selalu Ku Rindukan

Oleh : Robi Rizkianto, 1 Agustus 2016, Purwokerto

“Nggak enak kalau nggak masuk sekolah“. Menurut saya itu bahasa yang tepat untuk nggambarkan perasaan anak yang memilih tetap masuk sekolah meski sakit. Seorang siswa saya saat itu sakit flu dan sepertinya sedikit demam tapi tetap masuk. Orangtuanya yang sempat khawatir, pagi hari sebelum pembelajaran memberitau saya melalui sms bahwa anaknya sebenarnya sedang sakit tapi tetap masuk karena anaknya sendiri yang memaksa ingin masuk sekolah. Orang tuanya pun memesan ke saya agar tidak dilibatkan kegiatan yang berat. Saya pun menyetujuinya.

Setibanya saya di kelas, saya perhatikan siswa tersebut menggunakan jaket terlihat memang kurang sehat. Pembelajaran pun dimulai. Namun aktifitas belajar dirinya tetap seperti biasa, aktiiiiiiffff bangget!. Hingga jam sudah menunjukkan waktu pulang sekolah, saya perhatikan dirinya tampak seperti anak yang tidak sakit. Saya pun akhirnya dapat pelajaran dari kejadian kali ini. Ternyata lingkungan belajar yang kondusif, efeknya membuat murid ketagihan masuk sekolah. Masya Allah…. 🙂

Kalau kita lagi iseng baca buku “Menjadi Manusia Pembelajar”, Hendra Surya menjelaskan tentang pembelajaran di lingkungan yang kondusif. Beliau mengatakan, “Belajar membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. harus diupayakan tempat dan ruang yang apik, teratur dan bersih. Suasana pun harus nyaman untuk belajar“.

Saya menggaris bawahi suasana belajar harus nyaman. Teman-teman jika berkunjung ke Sekolah Islam Al izzah akan melihat interaksi murid dengan ustadz/ustadzah yang sangat super akrab.  Ustadz/ustadzah kadang mengajak bermain atau canda di kelas. Kadang juga ada murid yang cerita kemana saja dirinya pergi, ada apa di sekitar rumahnya hingga kadang murid curhat kondisi hatinya ke ustadz/ustadzah. Naah…hubungan ustadz/ustadzah dan murid yang akrab, tentunya hal itu membentuk lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Hendra Surya menjelaskan bahwa suasana hati murid akan berpengaruh terhadap daya tangkapnya dalam pembelajaran. Oleh karena itu, Sekolah Islam Al izzah bak surga bagi para muridnya. Tempat yang asyik untuk belajar.

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2016/08/sekolahku-surgaku/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment