Tasmi’ II Indahnya Generasi Qur’ani

Assalaamu’alaykum warahmatullaah..
Hay sahabat-sahabat pecinta Qur’an, apa kabar kalian hari ini? Semoga sehat dan selalu dalam rahmat Allah yahhh..aamiiin Yaa Rabb..
Sahabat,
Salah satu program pengajaran Al-Qur’an yang diselenggarakan SD Islam Al-Izzah adalah program Tasmi’. Tasmi’ ialah memperdengarkan bacaan murottal Al-Qur’an yang dilakukan oleh para hafidz Al-Qur’an.
Program ini memiliki dua sisi, bagi para hafidz adalah sarana muroja’ah untuk menjaga hafalannya. Sedangkan bagi teman-teman yang menyimak adalah untuk menambah kecintaan kepada Al-Qur’an.
Tasmi’ SD Islam Al-Izzah dilaksanakan pada hari Jum’at 02 September 2016, menampilkan peserta para hafidz & hafidzah dari kelas 3 sampai kelas 6, yang membawakan surat-surat pilihan:
1. Aghni: QS. An-Naba’
2. Zahra: QS. An-Nazi’at
3. Royhan: QS. Al-Ghasyiyah
4. Zaid/Rozaan: QS. ‘Abasa
5. Ridwan: QS. At-Takwir
6. Ronald: QS. Al-Mulk
7. Rania: QS. Al-Fajr
8. Hanna: QS. Luqman (11-15)
9. Syifa: QS. Al-‘Alaq
10. Akbar: QS. Asy-Syams
Bersama Ustadz Ilham & Ustadzah Aldita sebagai MC, Ustadzah Laila tasmi’ pembuka yang membacakan QS. Al-Mulk: 1-30. Serta Ustadz Abdullah, Ustadzah ii, dan Ustadzah Wati sebagai juri/komentator. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai agenda rutin ini alhamdulillah berjalan dengan lancar dan penuh hikmah. Para siswa begitu semangat dan tertib mengikutinya.
Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini, antara lain adalah menambah motivasi bagi siswa pada khususnya & seluruh warga SD Islam Al-Izzah pada umumnya, untuk menghafal Al-Qur’an. Tidak sedikit orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang hafidz. Sebab seseorang yang hafal Al-Qur’an akan Allah berikan kepadanya berbagai keistimewaan, di antaranya:
 Allah akan memberikan kepada hafidz di akhirat; mahkota kehormatan. Sesuai dengan yang terdapat di dalah sebuah hadits, dari Abu Hurairah ra, ia berkata,“Baginda bersabda, orang yang hafal Alquran kelak akan datang dan Alquran akan berkata: “Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.”Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya.” Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan, ridhailah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan.” (HR. At Tirmidzi).
 Akan dikumpulan bersama malaikat yang mulia lagi taat. “Dan perumpamaan orang yang membaca Quran sedangkan ia hafal ayat-ayatNya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun ‘alaih).
 Para hafidz pun akan ditinggikan derajatnya saat berada disurga. Betapa baiknya manfaat Al- Qur’an untuk para penghafalnya. Sesuai dengan sebuah hadits, dari Abdillah bin Amri bin ‘Ash dari nabi Saw. Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.”(HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).
 Para hafidz quran akan mendapatkan pertolongan (syafa’at), dari Abi Umamah ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Bacalah Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafal).” (HR. Muslim).
 Tidak hanya bagi para hafidz itu sendiri, orangtua para penghafal Al-Qur’an pun akan mendapatkan pertolongan. Dalam hadits disebutkan, dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an”. (HR. Al Hakim).
 Menghafal Alquran berfaedah bagi setiap penghafal dalam urusan perniagaan mereka. Dalam Alquran dijelaskan, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS Faathir : 29-30).

Betapa nikmatnya menghafal Al-Qur’an. Betapa nikmatnya bermesraan dengan kalam Allah SWT. Mulut melafalkannya, hati memaknai artinya, dan jiwa yang terus menggebu untuk istiqamah di jalan-Nya.

Semoga Allah memudahkan dan memberkahi setiap langkah kita dalam menghafal Al-Qur’an.
Allaahummarhamna bil qur’an….

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2016/09/tasmi-ii-indahnya-generasi-qurani/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment