QURANIC ADVENTURE OF MUHARRAM

dsc_0203

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Nya Rabb semesta alam, yang telah menggariskan goresan pena Nya pada 50.000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi, dan hanya karena izin Nya lah sya dapat kembali meggoreskan secuil kisah yang kami alami bersama di sekolah.

Sholawat serta salam mudah-mudahan senantiasa tercurah kepada tauladan kita Nabi Muhammad SAW yang dengan petunjuk dan bimbingan nya, islam ada dimuka bumi sampai saat ini, dan kepada para sahabatnya, tabi’in,tabi’ut, tabi’in, dan umatnya yang senantiasa istiqomah di jalan kebaikan hingga akhir zaman nanti

 

Siang itu …

Awan gelap ke abu-abuan berarak lembut, menutupi pancaran sinar matahari yang jatuh langsung ke bumi Purwokerto, angin berbisik sepoi, daun berjatuhan tertiup semilir angin yang berlalu, beberapa kendaraan lewat didepan sekolah, namun tidak padat seperti biasanya, ada 2-3 motor terparkir rapi di halaman depan sekolah, dan halaman dalam masih lenggang, sepi ..

Ada beberapa ustadz/ah yang tengah berkutat dengan job nya, team dekor, inilah team super sibuk di setiap acara yang diselenggarakan, yang di ketuai oleh Ustadzah Asih dan di bantu oleh teman-teman yang lain, dan 60 menit kemudian persiapan untuk acara penyambutan sudah siap di pasang di depan.

Ada gerbang istimewa yang kami sulap menjadi gantungan balon warna-warni dengan tulisan tema besar acara kita kali ini “cinta rasul cinta anak yatim”, dan di sebelah selatan ada area foto untuk teman teman yang baru turun dari kendaraan yang baru saja mereka tumpangi, denga backdrop tulisan Quran Night, dan anak anak memegang poster kecil bertuliskan beberapa tulisan unik dan lucu, dan tidak lupa sebelum mereka foto mereka bersalaman dan mengucap salam kepada para ustadz/ah yang siap menyambut kedatangan mereka dengan senyum menawannya, aura antusias teman-teman terasa hingga menyelimuti mendung sorenya langit Al-Izzah, anak-anak terlihat senang, binar bahagia terpancar dari wajah mereka, terutama untuk teman-teman kelas 1 yang baru pertama kali mengikuti kegiatan sekolah malam.

Usai foto dan menyelesaikan rangkaian acara di depan gerbang, teman-teman kecil langsung di ajak untuk menyelesaikan kegiatan sore, ada pojok-pojok yang sudah tersedia di halaman tengah, pojok membaca, pojok mewarnai, pojok menggambar, pojok jurnal, 30 menit berlalu dan suara adzan ashar terdengar dari masjid dekat sekolah kami, kami bersiap untuk solat ashar , ada beberapa ustadz/ah yang siap berjaga di tempat wudhu untuk memantau teman-teman berwudhu, lalu segera menuju ke aula untuk solat asar berjamaah bersama denga ustadz Didi.

 

dsc_0249

dsc_0250

Alunan dzikir terdengar dari lisan-lisan mungil anak-anak Al-Izzah, usai dzikir ada ikrar-doa dan pembukaan acara yang dibawakan oleh Ustadz Angga dan Ustadzah Ria, tidak lama kemudian rangkaian acara yang di tunggu-tunggu tiba juga, ada seorang Ustadz yang kami datangkan khusus dari Purwokerto saja, tapi beliau ini ahli di bidang nya yaitu bercerita, saat ini beliau juga menjadi kepla sekolah di sebuah SD unggulan di Purwokerto. Ustadz Sunhaji begitu sapaan akrab beliau. Beliau berkisah tentang “peristiwa awal sang Nabi memerima risalah-Nya” dan satu jam ke depan teman-teman kecil dibuat terpesona oleh beliau, dan tidak tertinngal pula kami kedatangan tamu-tamu yang memang kami undang untuk mengikuti kegiatan sore bersama teman-teman Al-Izzah, ada sekitar 15 anak yatim yang hadir dan ada beberapa yang di dampingi oleh ibu mereka. Dan acara sore itu pun selesai.

dsc_0322 dsc_0339

 

Teman-teman di beri arahan untuk kembali ke saung masaing-masing, makan sore sudah tersedia karena memang mereka membawa sendiri-sendiri dengan syarat: ada nasi, lauk, sayur dan buah. Persiapan solat maghrib, solat maghrib dan setelah itu ada ngaji UMMI per kelas, ada yang bersama ustadz Abdullah, Ustadz Aris, Ustadzah Laila, Ustadzah Wati dan Ustadzah ii. Selesai mengaji teman-teman langsung persiapan solat isya dan segera menuju ke aula untuk solat isya berjama’ah, nah disini kami bagi menjadi 2 kegiatan, kelas 1, 2, dan 3 tetap di aula untuk memberikan kesan dan pesannya mengikuti acara sore itu, dan berdoa pulang yang di pimpin oleh ustadz Abdullah.

dsc_0356 dsc_0361 dsc_0363

Kelas 4, 5, dan 6 melanjutkan kegiatan berikutnya, yaitu adventure night acara yang berbeda dari sebelumnya dengan konsep yang sudah di ramu matang oleh dewan asatidzah, anak-anak di bagi berdasarkan kelompok kecil 7-8 anak di tiap kelompok, dan setiap kelompok wajib menuju ke pos-pos yang sudah di sediakan dengan beberapa clue yang diberikan dan di sisi lain team perkap mulai menyiapkan menyalakan lilin-lilin yang tersebar diseluruh penjuru sekolah, ketika kelompok itu sudah siap untuk di berangkat kan maka 1..2..3… lampu seluruhnya di padamkan, blepppp!

dsc_0410

2 lilin di tiap pos jaga, setiap pos dijaga oleh 2 ustadz/ah yang berbeda, ada pula pos pengecoh, ustadz/ah yang tidak berjaga berjaga di sepanjang area anak-anak berjalan, untuk mengecek kejelian anak dalam membaca clue yang diberikan,

  1. Pos estafet ayat
  2. Pos puzzle ayat
  3. Pos sambung dan tebak surat
  4. Pos pengetahuan Islam
  5. Pos pengetahuan Al-Izzah
  6. Pos yel-yel

Tujuan dengan adanya adventure night ini, secara tidak langsung anak-anak akan merasakan :  kerjasama dalam kelompok,  keberanian,  rasa kebersamaan,  kepekaan indra selain mata, kesabaran, rasa menerima apa adanya dsb. Seru, ramai, gaduh, itu yang kami rasakan, walaupun ada beberapa yang mengeluh ini dan itu tapi ada teman lain yang menimpali dengan tenang,

dsc_0382 dsc_0399 dsc_0403

Tidak terasa 75 menit sudah berlalu dan anak-anak sudah menyelesaikan semua pos yang tersedia, saat nya lampu boleh dinyalakan kembali “hemmm.. alhamdulillah” suara serempak anak-anak, dan saat nya kami untuk siap-siap istirahat karena esok pagi sebelum shubuh kami harus bangun untuk melakukan munajat pada Nya di 1/3 malam yang syahdu.

 

Pukul 03.00 kami sudah siap di tempat solat, walaupun dalam keadaaan mata yang luar biasa berat namun tetap dipaksakan untuk bangun dan terjaga karena kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, solat tahajud kali ini di pimpin oleh ustadz Aris. Usai tahajud kami beristirahat sebentar namun tidak lama kemudian terdengar sayup adzan subuh berkumandang, anak-anak dan asatidzah bersiap untuk solat subuh berjamaah di masjid unwiku, suasana jalanan pagi itu lenggang, sepi, dan sejuk, udara pagi ini nikmatnya Yaa Rahman

Ba’da solat subuh kami membuat halaqoh kecil di selasar masjid, berdzikir pagi, murajaah dan membaca beberapa potong ayat Al-Quran, seraya menikmati udara pagi yang menembus rongga hidung hingga merasuk dalam dada, suara kicauan burung-burung menambah indah suasana pagi itu, mereka ikut berdzikir bersama kami sambil menjemput rizki yang sudah Allah tetapkan untuk para burung.

dsc_0434 dsc_0435 dsc_0438

Kemudian kami berjalan lagi kembali ke sekolah, jam 05.45 saat nya kami untuk senam pagi, ketika sampai ke sekolah, perlengkapan untuk senam sudah siap dan kami tinggal mempersiapkan barisannya, 20 menit berlalu dan anak-anak melakukan gerakan senam dengan bersemangat, di bimbing oleh guru olah raga Ustadz Ajat, sambil menunggu kudapan pagi datang, anak-anak berkumpul sesuai dengan kelompok kami akan bagi-bagi hadiah untuk game semalam, ada 5 kelompok dan semua kelompok akan mendapatkan bingkisannya, hanya berbeda pada nomor urut.

dsc_0466 dsc_0478

 

“Dan kelompok juara 5 jatuh pada kelompok…. Al-Ma’un” ucap ustadz dengan bersemangat

“yeeesss …alhamdulillah” teriak labib, salah seorang anggota dalam kelompok itu. (secara spontan pandangan kami semua tertuju pada sumber suara, sambil bergumam, kan juara lima, kami tersenyum geli, hehe)

“juara 4 di raih oleh kelompok …..”

“juara 3 kelompok …..”

“juara 2 oleh kelompok …..”

“juara 1 oleh kelompok …”

Dan hingga semua anak mendapatkan bingkisannya, kudapan pagi itu pun sudah tersedia, makanan khas banyumas, mendoan anget plus pisang rebus, setelah berkumpul dan membuat dua lingkaran besar, (putra dan putri) kami mulai menyantapnya, alhadmulillah nikmat ..

dsc_0514

 

Satu dua, orang tua mulai berdatangan untuk menjemput anak-anak, dan kami melakukan kegiatan terakhir yaitu penutupan yang dipimpin langsung oleh Ustadz Abdullah, setelah berdoa dengan khusyu, kami menyanyikan sebuah lagu anadalan kami : Mars Al-Izzah

Disini …kami berkumpul

Dalam sekolah Al-Izzah

Kami belajar, beramal berjuang

Semoga Allah ridhoi

Sampai jumpa teman-teman di Quran Night selanjutnya dengan kegiatan acara yang lebih seru dan menantang denga tempat yang,  sssuuttt…… masih dirahasiakan, InsyaaAllah. J

Kami mulai berkemas untuk meninggalkan sekolah Al-Izzah.

dsc_0531 dsc_0536

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

Pagi yang syahdu,

di sebuah bangunan ini

Kami berjuang

Sekolah Dasar Islam Al-Izzah Purwokerto

 

 

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment