Akhirussanah dan Wisuda Juz 30

 

Assalamu’alaykum warahmatullah teman-teman semua…

“Sesampai di Madinah, tanpa beristirahat, Umar langsung mengambil sekarung gandum. Dipikulnya karung gandum itu untuk diserahkan kepada sang ibu.

Melihat Umar dalam kondisi letih, Aslam segera meminta agar gandum itu diangkatnya. “Sebaiknya aku saja yang membawa gandum itu, ya Amirul Mukminin,” kata dia.

Dengan nada keras, Umar menjawab, “Aslam, jangan kau jerumuskan aku ke dalam neraka. Kau bisa menggantikanku mengangkat karung gandum ini, tetapi apakah kau mau memikul beban di pundakku ini kelak di Hari Pembalasan?”

Aslam pun tertegun mendengar jawaban itu. Dia tetap mendampingi Khalifah mengantarkan sekarung gandum itu kepada si ibu tua.”

***

Itulah sepenggal kisah sahabat ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, yang dibacakan oleh ananda Yasmin dan Zahra dalam acara Baksos Akhirussanah SD Islam Al-Izzah.

Sabtu  17 Juni 2017, SD kami, SD Islam Al-Izzah, melakukan kegiatan akhirussanah. Kegiatan ini bertempat di  Balai Desa Melung. Ini adalah kegiatan akhirussanah perdana. Semua asatidz/dzah, serta anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Terutama anak-anak kelas 6.

Kegiatan ini diadakan outdoor dengan tujuan agar anak-anak dapat mengambil nilai-nilai kebaikan, meningkatkan kepedulian, serta semakin dekat dengan masyarakat. Dengan tema besar “ Keep Fighting Friends, This is Not The End”. Terus semangat kawan, ini bukan akhir. Seolah memberikan kesan kepada kita semua, bahwa perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya, bukan akhir dari pertemuan kita. Justru ini adalah awal dari perjuangan kita, perjuangan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Tetap jaga silaturahmi, sebab kita adalah keluarga sampai kapanpun.

Akhirussanah SD Islam Al-Izzah di mulai hari Sabtu 17 Juni 2017, dan puncaknya adalah Ahad 18 Juni 2017. Lebih menariknya lagi di sini adalah Akhirussanah yang di padu dengan Wisuda Juz 30. Hal ini membuat kesan yang sangat berbeda dan menarik.

Sabtu siang, semua peserta berkumpul di sekolah. Berangkat bersama menggunakan mobil dan motor. Sampai di lokasi, semua peserta menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan. Dilanjutkan dengan shalat ‘Ashar berjama’ah.

Selesai shalat ‘Ashar, semua peserta berkumpul di Aula Balai Desa Melung untuk melakukan kegiatan Baksos. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 warga desa Melung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian kita dan anak-anak kepada warga disekitar, terutama warga yang kurang mampu.

 

  

Selesai kegiatan baksos, kami membereskan aula, dilanjutkan dengan persiapan buka bersama. Pukul 17.36 saatnya untuk buka bersama. Suasana begitu ceria, makan takjil bersama dilanjutkan shalat Maghrib berjama’ah.

Selesai shalat maghrib dan makan berat, kami langsung menyiapkan diri untuk menuju masjid terdekat untuk melaksanakan shalat ‘Isya dan tarawih bersama warga setempat. Selesai pukul 08.00.

Sampai Balai Desa, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan games keakraban. Selesai pukul 10 malam. Dan semua siswa diharuskan langsung tidur, sementara Panitia melakukan briefing untuk mempersiapkan kegiatan esok hari.

Pukul 02.00, semua peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat malam. Dilanjutkan dengan sahur bersama dan renungan. Kemudian persiapan untuk shalat shubuh berjama’ah.

Selesai shalat Shubuh, peserta diminta untuk berkumpul di aula untuk Q-Tela (Kisah Teladan)  bersama Ustadzah Fitri. Pukul 07.00, anak-anak dibimbing ustadz/ah untuk kegiatan inti.

Waktu menunjukkan pukul 08.00, inilah saatnya kegiatan inti Akhirussanah dan Wisuda Juz 30. Kegiatan ini dilakukan di Aula Balai Desa Melung. Dihadiri oleh semua wali murid kelas 6, asatidz/dzah, dan tamu undangan.

Acara selesai sebelum waktu Dzuhur tiba.

***

 

Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dalam acara ini. Baik oleh siswa maupun oleh para asatidzah. Kepedulian, kebersamaan, semua kami rasakan.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, atas limpahan rahmatnya kepada kita semua.  Dua belas anak kami LULUS 100%, dengan hasil yang memuaskan. Dan semoga ilmu yang mereka pelajari selama di Al-Izzah ini  bermanfaat  dalam perjalanan hidup mereka yang masih panjang. Menjadi generasi-generasi kebanggaan ummat, generasi Qur’ani.

Terus semangat anak-anakku, do’a kami menyertaimu, nak…

 

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2017/07/akhirussanah-dan-wisuda-juz-30/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment