Silaturahim dan MOOM (Masa Orientasi Orangtua Murid)

Pada umumnya masa orientasi disekolah hanya untuk murid ya… Berbeda di Sekolah Islam Al-Izzah Purwokerto, masa orientasi juga berlaku untuk ayah bundanya juga.

 

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Sekolah Islam Al-Izzah Purwokerto  setiap akan memasuki tahun pelajaran baru diadakan orientasi  orang tua murid. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan visi, misi, persepsi, memperkenalkan sekolah dan program kegiatannya kepada orang tua dan masyarakat pada umumnya, menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, dan solidaritas yang tinggi terhadap sekolah, serta menanamkan rasa bangga pada wali murid terhadap Sekolah Islam Al-Izzah Purwokerto.

Menyadari akan pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak, maka para orang tua pun sangat antusias untuk hadir pada acara yang digelar di D’Saung Hall and Resto tersebut. Karena untuk menjadikan anak yang benar-benar berkualitas ini butuh kerjasama dan sinergi antara pendidikan disekolah dan dirumah.

“Mendidik Anak Menuju Taklif”,  tema yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Fauzil Adhim dalam acara itu. Taklif adalah masa di mana anak mulai dibebani dosa dan mendapat pahala.

 

Dalam uraian materi yang beliau sampaikan, masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting, bagaimana kita bisa menyiapkan mereka untuk menjadi mumayyiz. Mumayyiz adalah keadaan di mana anak sudah mampu membedakan penting atau tidaknya sesuatu, mengerti mana kebutuhan dan mana keinginan. Orang tua harus peka terhadap anak, sikap serta tingkahnya. Memahami emosi anak adalah hal yang tak kalah pentingnya. Beliau juga menyampaikan, bahwa yang perlu diperhatikan pada masa mendidik anak adalah membiarkan anak untuk mencoba. Keinginan itu ditumbuhkam, bukan dipaksakan.

 

Ustadz Fauzil Adhim adalah seorang penulis dan Konsultan Pendidikan Anak. Uraian materi yang beliau sampaikan sangat menarik, dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Juga semakin hangat dengan dibukanya sesi diskusi. Acara ini diakhiri dengan perkenalan asatidz/asatidzah pengajar, serta pemaparan program.

 

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment