Outdoor ke Agroedukasi Exfarm Fakultas Pertanian Unsoed

Assalaamu’alaykum teman-teman…

Bertemu lagi dengan Kak Rahma… Nahh, kali ini, Kak Rahma mau menceritakan tentang salah satu  kegiatan seru  teman-teman KB Islam Al-Izzah Purwokerto nihhh..Mau tau seperti apa  keseruannya? Yukk, ikutin terus yaaa..

 

Hari Rabu, tanggal 6 Maret kemarin, KB Islam Al-Izzah mengadakan kegiatan Outdoor ke Agroedukasi Exfarm Unsoed (Fakultas Pertanian). Kegiatan ini dilakukan di puncak tema pembelajaran, Menanam.

 

Kegiatan di mulai dengan membaca ikrar dan do’a bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Bapak Nazar, dosen Unsoed. Lalu  kegiatan inti bersama kakak-kakak mahasiswa Unsoed.

 

Teman-teman dibagi menjadi empat kelompok yaa, yang masing-masing kelompok akan di dampingi oleh satu Kakak Mahasiswa dibantu ustadzah walas, di mana setiap kelompok harus melewati beberapa pos.

 

Pos pertama, yaitu Pos Mengenal Jenis Tanaman. Di pos ini, teman-teman dibantu untuk membedakan jenis-jenis tanaman, mulai dari tanaman hias, air, hidroponik, obat, juga pangan.

 

Pos Ke dua, yaitu Menanam. Nahh, di sini teman-teman kecil diajak untuk menanam. Dan yang kita tanam kali ini adalah Daun Bawang. Media yang kita gunakan adalah polybag yang diisi dengan  campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, dan arang sekam.

   

 

Pos ke tiga adalah Pemupukan. Nah, di pos ini teman-teman kecil diajari bagaimana cara memupuk tanaman. Pupuk adalah makanan tanaman. Jadi tanaman tidak makan nasi seperti kita yaaa…. 😀

   

Kemudian Pos ke empat. Di sana teman-teman diberi tahu tentang hama, baik hama yang bermanfaat maupun yang merusak tanaman. Ada hama yang kecil, dan juga besar. Contohnya tikus, lalat, ular, ulat, wereng, walang sangit, tungau, orong-orong, kutu daun, kemreki, belalang, kutu perisai, kepik, dan masih banyak lainnya.. Wahh, ternyata hama itu banyak sekali yaahh..

   

Lanjut ke Pos Lima ya teman-teman.. Ini dia pos yang paling asikkk, kita memanennn.. Wuahh..

Yang kita panen adalah cesim. Yeyyyy…Ayo semangat panen..

 

 

 

Alhamdulillaah…lelah juga ya ternyata..:) Lanjut makan dulu sebelum pulang…

 

Nahh, selesai makan dan do’a, teman-teman kecil pulang sekitar jam 11.30, membawa hasil menanam dan juga panennya tadi..

 

Wahhh, seru sekali yaa kegiatan hari ini…teman-teman kecil sangat senang..

Sampai ketemu lagi di kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru..

Dan jangan lupa follow Instagram kami yaaa.. @kb_al_izzah  untuk mengikuti kegiatan terupdatenya..

Kak Rahma pamit yaaa.. SEMANGAT MENANAM…. 😀

Wassalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh..

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
Google+
http://al-izzah.sch.id/2019/03/outdoor-ke-agroedukasi-exfarm-fakultas-pertanian-unsoed/
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment