Serunya Bermain Estafet

Rukun atau Tidak Rukun

Estafet adalah salah satu bentuk permainan tim yang bertugas untuk  mengantarkan benda dari satu tempat ke tempat lain melalui satu orang keorang lain sampai pada tempat/orang yang dituju dengan mempertimbangkan waktu. Biasanya estefet ini dilakukan dalam aktivitas olahraga maupun games motivasi ataupun outbound. Nah kali ini teman-teman  dari SD Al-Izzah khusunya teman-teman kelas satu juga ingin mencoba bermain estefet. Tapi bukan sembarang  estafet lho, tentunya berbeda dari yang lain, Mau TAHU?? Al -Izzah Aja!!!!!

Temukan perbedaan serta keseruanya melalui cerita berikut ini yakk…

Gini nih ceritanya…

Jadi waktu itu teman-teman kelas satu sedang belajar PKn yak Pkn, Pendidikan Kewarganegaraan. Saat itu tema yang sedang dibahas tentang “rukun dan tidak rukun”.  Nah setelah beberapa kali pertemuan di dalam kelas, teman-teman telah dieksplor tentang pengetahuan dan pemahamannya tentang rukun dan tidak rukun, sekarang tinggal evaluasi atau pemantapan kembali mengenai materi tersebut. Agar teman-teman tidak bosan belajar hal yang itu itu terus, di dalam kelas terus, ngedengerin terus, ngomong terus, diskusi  terus dan nyatet trus, yang kalau diterusin terus bisa jadi keterusan so kita buat yang berbeda, yang lebih asyik dan lebih seru tapi tetap mengena belajarnya. Ahhaa…. yaa… belajar rukun dan tidak rukunnya pakai estafet. Lah gi1mana ceritanya tuh??

Yaa jadi teman-teman diajak kesebuah tempat yang luas bisa halaman atau lapangan. Teman-teman kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, berhubung dalam satu kelas ada 16 orang jadi dibagi menjadi 4 kelompok, satu kelompoknya 4 orang.  Lalu teman-teman dipersilahkan untuk berdiskusi menentukan siapa yang mau jadi orang pertama, orang kedua, orang ketiga dan orang keempat. Namun sebelum mereka berdiskusi, terlebih dahulu dijelaskan tugas dari masing-masing orang.

  • Tugas orang pertama adalah berdiri digaris paling awal/start, orang pada posisi ini bertugas untuk mengambil lintingan yang sudah ada didalam kotak yang berada jauh didepan sehingga untuk menuju hal tersebut dia harus berlari. Setelah dia mengambil satu lintingan dia harus mengantarkannya pada orang kedua. Setelah menyelesaikan tuganya dia harus kembali keposisi semula.
  • Tugas orang kedua adalah menerima lintingan dari orang pertama dan harus mengantarkannya pada orang ketiga. Orang kedua ini berdiri di garis yang sudah ditentukan, tentunya berada jauh didepannya orang pertama. Setelah menyelesaikan tuganya dia harus kembali keposisi semula.
  • Tugas orang ketiga adalah membacakan tulisan yang ada didalam lintingan. Tulisan yang ada di dalam lintingan adalah kalimat-kalimat pernyataan yang mencermikan sikap rukun atau tidak rukun. Orang ketiga harus membacakan isi kalimat ini dengan lantang kepada orang keempat dengan tetap berada diposisinya yaitu posisi pada garis yang didepannya orang kedua.
  • Tugas orang keempat adalah mendengarkan pernytaan yang dibacakan oleh orang ketiga, lalu mengklasifikasikannya ke kolom rukun atau tidak rukun dengan cara menchecklist pada lembar yang sudah disediakan.

Nah begitu teknisnya permainannya. Permainan ini dulangi terus sampai beberapa soal penyataan. Letak keseruannya, karena mereka berlomba-lomba untuk lebih cepat menyelesaikan tugasnya, berlomba saat mengambil lintingan, mengantarkannya kepada teman yang lain, serta yang tidak kalah seru adalah saat orang ketiga harus mebacakan pernytaan yang ada didalam lintingan, dan orang keempat harus mendengarkan dengan seksama dari orang yang ada ditimnya. Padahal saat permainan bukan hanya ada satu tim tapi ada 4 tim, jadi ada 4 orang yang membacakan kalimat, dan mereka membacakannya secara bersamaan, serta adanya jarak antara orang ketiga dan keempat sehingga hal ini cukup menyulitkan bagi orang keempat untuk mendengar dan memahami kalimat yang disampaikan oleh teman satu timnya, karena terlau berisik, terganggu oleh kalimat yang disampaikan oleh teman tim yang lain. Setelah permainan selesai, dilakukan diskusi dan refleksi dari permainan tersebut. Alhamdulillah. Semoga hal ini dapat menjadi salah satu inspirasi metode pembelajaran bagi teman-teman guru yang lain, yang tidak ingin pembelajarannya monoton tapi lebih menyenangkan, lebih seru dan mengena. Semoga bermanfaat . # Gyna

One Comment to “Serunya Bermain Estafet”

  1. […] Serunya Bermain Estafet […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *