Karya siswa (Ridwan) : Keseharian Menghafal Qur’anku

Oleh : Muhammad Ridwan Hardian, Mei 2016

Hai, namaku Muhammad Ridwan Hardian, panggilanku Ridwan. Aku menghafal Qur’an di sekolahku yang bernama SD  ISLAM  AL IZZAH PURWOKERTO, aku kelas 4. Aku menghafal Qur’an sudah sampai surah AL  MUDASSIR, dan teman-temanku ada yang surah AL  JINN dan NUH. Ada temanku, dia kelas 3 SD sudah menghafal 5 sampai 6 juzz, tadi tanggal 11 atau 14 April 2016 di sekolah dia memintaku menyimak hafalannya. Tadi dia menghafal surah ALI  IMRAN, kurang lebih dua  ayat lagi surah ALI  IMRAN dihafal olehnya. Selain itu, dia menceritakan bahwa dalam kurun waktu satu minggu telah khatam Al Qur’an.

Aku ingin menghafal seperti dia. Dia bercita-cita menghafal Al Qur’an 30 juzz dalam waktu 3 tahun, hebatkan?

Aku lebih sering menghafal di sekolah daripada di rumah. Karena aku membagi waktu menjadi dua bagian. Waktu di sekolah, aku gunakan untuk belajar dan menghafal. Namun pada saat istirahat, aku tidak lupa bermain dengan teman-teman. Waktu di rumah, aku gunakan untuk bermain dan bergurau bersama teman dan keluarga. Hanya kadang-kadang saja aku membaca buku dan menghafal di rumah. Bahkan kadang-kadang sambil nonton TV.

Dalam waktu satu  hari aku menghafal dua kali. Pertama pada saat menjelang pelajaran di mulai, selama lima menit. Kedua pada saat istirahat selama tujuh menit.

Ketika menghafal, jika ayatnya pendek aku menghafal satu ayat langsung. Jika ayatnya panjang, aku menghafal perkata ayat tersebut. Sampai keseluruhan ayat dapat aku hafal. Aku suka menghafal sejak kelas empat semester dua . Doakan ya, biar aku berhasil jadi hafidz quran, amiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *