Bulan Syawal, Hari Pertamaku Masuk Sekolah

Hari pertama murid al izzah masuk sekolah, setelah liburan panjang, terasa keceriaan menyelimuti hati. Seluruh ustadz dan ustadzah berbaris berdiri di dekat pagar sekolah. Dengan senyuman, seluruh ustadz dan ustadzah mendoakan seluruh murid dengan salam “Assalamu’alaikum” (kesejahteraan untuk kalian). Seluruh ustadz dan ustadzah menggunakan pakaian khas lebaran. Para ustadz menggunakan sarung yang ditaruh di lehernya beserta kopyah. Sedangkan para ustadzahnya menggunakan baju gamis. Pintu gerbang sekolah pun dihias berbagai macam pernak-pernik. Ada ketupat dari pita berwarna-warni yang ditaruh di samping gerbang. Ada pula bedug yang dibuat ember yang dihias. Ternyata bedug buatan ustadz ini justru jadi perhatian siswa kelas 2, Riko dan Raihan. Dipukul-pukul bedug itu dengan semangat. Hingga akhirnya jebol juga. Wajaar sih…. karena buatnya dari kertas. Kalau dipukul keras ya tentu saja sobek. hehee…

Sekolah al izzah juga kedatangan murid baru kelas 1. Ustadz dan ustadzah merancang penyambutan khusus kelas 1 dengan foto terlebih dahulu satu per satu menggunakan bingkai foto buatan ustadz dan ustadzah. Kita pun senang melihat anak-anak kelas 1 al izzah yang rata-rata sudah langsung ditinggal orang tuanya. Kalau diperhatikan, tidak lebih dari 3 anak yang masih ditemani orangtuanya. Anak-anak memang pada saat datang sudah disambut dan ditemani ustadz dan ustadzahnya, jadi murid baru kelas 1 tidak ketakutan atau kebingungan. Sesampai di kelas, murid baru diminta menaruh sepatunya dan menggunakan sandal selama di dalam sekolah.

DSC_0220

Kliiikk….. Piguranya ganti…. Orangnya juga ganti . . . . 🙂

DSC_0209

Mumpung di bulan syawal, hari pertama diisi juga dengan saling memaafkan antar ustadz/ustadzah dan murid. Seluruh murid laki dan perempuan berbaris terpisah. Kemudian mereka saling salam-salaman dengan niat saling memaafkan. Sembari salam-salaman, ustadz/ustadzah membimbing bacaan yang menjadi sunnah “taqobalallahu minna wa mingkum” yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

DSC_0139DSC_0138

Setelah kegiatan pagi selesai. Seluruh siswa pun masuk kelas masing-masing. Mereka siap belajar bersenang-senang lagi bersama teman-teman.

Selalu semangat teman-temaannn…… 🙂

Please follow and like us:
Facebook
Facebook
YouTube
INSTAGRAM

Related posts

Leave a Comment