Silaturahmi dan MOOM 2016/2017

Purwokerto,  Juli 2016

Bismillah

Assalamu’alaikum warohmatullahi  wa barokaatuh

Alhamdulillah, pagi itu cuaca sangat cerah, panas namun tidak menyengat, udara berhembus lembut, satu persatu tamu undangan mulai hadir di sekolah kami AL-IZZAH,    ada apa dengan hari ini ? ya, sekolah kami mengundang seluruh walimurid dari TK dan SD kelas 1 sampai 6  dalam rangka acara Silaturahmi dan MOOM (Masa Orientasi Oranrtua Murid), dan sebagai ajang untuk saling berkenalan terutama dengan walimurid baru yang sekarang sudah menjadi bagian dari keluarga besar Yayasan Islam Al-Izzah, Selamat datang untuk Ayah dan Bunda walimurid  yang baru 

Lantunan ayat Al-Qur’an menyapa kedatangan mereka, terasa sangat menentramkan hati, ditambah lagi dengan posisi duduk para tamu yang mengahadap ke arah Timur saung baru kami,  setelah jam menunjukan pukul 08.00 acara pun dimulai dipandu oleh Ustadz Ilham dan Ustadzah Agyza, mereka berdau mengawali pembukaan dengan bersemangat, di lanjutkan dengan pembacaaan ayat Al-Qur’an yang dibawakan oleh Ustadz ‘Abdullah, Surat Ar-Rahman dibacanya hingga tuntas suasana terasa begitu syahdu. Tak terasa bangku untuk para walimurid pun terisi semua, selanjutnya ada Ustadz Bara selaku perwkilan dari Yayasan menyampaikan sambutannya: salah satu nya ada 4 hal yang harus dialkukan oleh orang tua kepada anak nya yang mana sesungguhnya itu adalah hak dari anak tersebut untuk mendapatkan nya :

  1. Anak yang baik adalah anak yang memilliki cita-cita dan mencari ridho Allah sehingga ketika menjadi guru, insinyur dan dokter akan menjadi orang yang jujur
  2. Orang yang beruntung adalah orang yang bertaqwa, sehingga segala sesuatu yang kita perbuat hanya untuk Allah dan selalu di awasi oleh Allah.
  3. Tanamkan untuk mengenal Rasul & mencintai Rasul sebagai tokoh yang akan ditiru anak
  4. Tanamkan untuk membaca Al Quran

Sehingga anak paham tentang ajaran islam. Tanamkan juga untuk memahami isinya. Orang yang membaca Al Quran akan mendapatkan syafaat di dunia.

Ada 4 pesan :

  1. Tanamkan kepada anak untuk mencapai ridho Allah
  2. Tanamkan kepada anak untuk taqwa kepada Allah
  3. Tanamkan kepada anak untuk cinta Al Quran

Tanamkan kepada anak untuk cinta Rasul

Acara selanjutnya yaitu sambutan Ustadz Didi selaku kepala sekolah SD Islam Al-Izzah, beliau menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan memberitahu  walimurid bahwa taun ini kelas kita sudah lengkap yaitu kelas 1-6 dengan dinbagi menjadi 8 kelas,  dan tahun ini pula kita baru pertama kali akan meluluskan angkatan pertama sekolah Al-Izzah,  Alhamdulillah. Setelah sambutan ada doorprize menarik yang dipersembahkan untuk walimurid yang paling awal berangkatnya, dan jatuh pada Bunda dari mas Farkhan murid kelas 1 Al-Ikhlas

Dan sampailah kita pada acara  inti yaitu kajian yang akan di isi oleh Ustadz Kholid, mari kita simak pemaparan materi yang beliau sampaikan :

Dengan Tema Hablumminallah dan Hablumminannass

  • Mengingatkan bahwa ucapan yang baik ketika idul fitri adalah : Taqoballalahuminna wa minkum

Minal aidzin walfaidzin : Ciri khas orang indonesia tetapi tidak ada di Arab

  • Ketika kita sudah belajar selama satu bulan di bulan Ramadhan harapannya tetap sama sampai sekarang untuk memperbaiki hubungan kita kepada Allah.

Ketika orang tua murid percaya kepada sekolah, percaya kepada ustadz dan ustadzah bahwa anaknya akan didik sebaik-baiknya dan begitu sebaliknya ustad ustadzh memberikan pendidikan yang terbaik.

  • Iman itu seperti grafik, maka ada saum enam hari di bulan syawal agar grafik tidak turun secara drastis.

Bulan syawal adalah bulan silaturahmi

QS Adz Dzariyat : 21 yg artinya “dan kepada dirimu sendiri tidak akan kau perhatikan”

  • Muslim yang satu dengan yang lain seperti satu badan karena toleransinya tinggi. Guru dan wali murid bekerjasama.

Ketika anak dapat masalah jangan sampai anak hanya mendapatkan salah satu perhatian dari orang tua. Orang tua harus sepakat untuk semua hal baik aturan yang ada di rumah maupun di sekolah. Ayah dan Ibu harus saling melengkapi ada yang lembut dan kasar dalam mendidik anaknya.

  • Muslim satu dan yang lain harus saling melengkapi. Maka dari itu kita butuh silaturahmi. Harus ada sinergi, contoh : tangan kanan digigit nyamuk maka tangan kiri yang memukul nyamuk tersebut. Jika satu komponen muslim ngambek maka akan banyak kemiskinan dll. Jika semua muslim berjalan sesusai fungsinya makan muslim di dunia akan semakin baik.

Kapan tangan kanan dan kiri tidak ketemu? Setiap hari, itu sebabnya silatuhmi tidak selalu ada di bulan syawal.

Orang yang rajin sholat seharusnya gampang silatuhmi karena ketika sholat berjamaah bertemu dengan muslim yang lain.

Insya Allah anak akan menjadi anak yang baik dan sholeh sholehah apabila wali murid dan guru selalu bersilaturahmi dan bersinergi.

Materi yang beliau sampaikan sangat menarik, karena dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari, semua yang hadir begitu antusias denganapa yang dibawakan.  Selesai kajian, para MC menutup kegiatan dengan semangat lalu mengkondisikan para Ayah Bunda untuk halal bi halal, saling berjabat tangan, saling memaafkan, saling melapangkan hati nya masing-masing

Alhamdulillah, serangkaian acara silaturahmi kita sudah selesai kemudian Ayah Bunda kami ajak untuk menemui walas nya masing-masing dalam rangka MOOM yang diadakan pada tahun ajaran 2016/2017 ini.

 

MOOM (Masa Orientasi Orangtua Murid )

Wali murid baru kami arahkan menuju ruang Aula untuk berdiskusi beberapa mengenai kebijakan dan peraturan sekolah,  walimurid kelas 2-6 meuju kelas masing-masing untuk bertemu dengan wali kelas yang baru.

Diskusi dibuka denga mengucap basmallah yang di pandu oleh ustadzah Aldita, lalu di lanjutkan oleh ustadz Didi Mustadi selaku kepala sekolah SD Islam Al-Izzah, beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  • Ucapan selamat datang kepada wali murid baru kelas 1 dan mudah-mudahan setahun kedepan kita bisa bekerjasama dengan baik
  • Perkenalan jajaran Asatidzah di SD ISLAM AL-IZZAH

Lalu di lanjutkan dengan penjelasan parents handbook, yang di sampaikan oleh Ustadz Aris, sambil memperkenalkan diri bahwa beliau sebagai kepala kemuridan yang baru, jadi jika Ayah bunda memiliki keluhan yang berhubunngan dengan murid bisa langsung menemui ustadz Aris. Beliau menjelaskan dari tata tertib sampai seragam murid :

Oleh Ustadz Aris:

  • Penyampaian profil sekolah, Visi dan Misi
  • Sehari di sekolah:

Penyambutan

Kegiatan pagi (murojaah, solat duha, jurnal pagi)

Ikrar dan Doa

Motivasi pagi

Pembelajaraan

Pembelajaran Qur’an

Kelas bersama Inklusi

Jaburan / kudapan

Makan siang

Solat Dhuhur

Saatnya kembali ke rumah

Ekstrakurikuler

  • Program Unggulan :

Tahfidz Qur’an (memfasilitasi anak yang unggul di tahfidz)

Quran Night

  • Program penunjang
  1. Kegiatan penunjang bersama anak

MOM

Pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan gigi

Outdoor class

Special day

Tasmi

Pameran hasil karya anak

Wisuda juz 30

Akhirusannah

  1. Kegiatan penunjang bersama Orangtua :

OOM

Komite dan parenting

Parents class

Jambore Ayah

Homevisit

  • Tata Tertib Murid
  1. Sejak murid datang hingga pulang
  2. Ketentuan seragam
  3. Tata tertib pengantar
  4. Konsekuensi
  • Penilaian
  1. Penilaian hasil belajar berorientasi pada proses
  2. Pengambilan nilai dilakukan pada : ulangan harian, nilai tugas proyek, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas
  3. Teknik pengambilan nilai : tes (tulis, lisan, unjuk kerja, praktik)observasi, penugasan atau proyek
  4. Pada murid kelas 1 dan 2, pengambilan nilai melalui observasi
  5. Nilai home learning, secara penugasan atau proyek
  6. Penilaian setiap anak oleh semua guru yang akan dilaporkan ke walas
  7. Penilaian ekskur dilakukan oleh pengampu ekskur
  8. Penilaian disampaikan di 3 bulan pertama, akhir semester dan akhir taun ajaran

 

Setelah ustadz Aris selesai menjelaskan, kami persilahkan untuk Ayah dan bunda boleh berdiskusi tentang hal yang kurang jelas, nah akhirnya ada beberapa pertanyaan muncul, dan dijawab langsung oleh kepala sekolah kita dengan sabar ;

  1. Ibu Raffi 3 : Senam memakai baju muslim ?

J : lebih fleksibel saja, hanya diniatkan untuk kebugaran

2. Ibu Lea 2 : meminta buku penghubung setiap murid supaya orangtua mengetahui kegiatan apa yang dilakukan sehari

J : kurang efektif karena banyak yang kendala di orangtua, hanya 30 % saja yang efektif

3. Apa sekolah ini sudah akreditasi ?

J : belum, karena kita belum meluluskan angkatan pertama, tapi setiap nama murid sudah memiliki NISN

 

Setelah dirasa cukup, kami memohon maaf kepada ayah bunda jika ada sesuatu yang kurang berkenan denag sekolah ini, dan ucapan SELAMAT BERGABUNG DENGAN KELUARGA BESAR AL-IZZAH “Mudah-mudahan untuk setaun ke depan kita bisa bekerjasama dengan baik.

Jika ada kekurangan kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf

Akhir kata …

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *