Semester baru, Semangat baru

Bismillah, Alhamdulillah kami guru-guru hari ini tepat pada hari selasa tanggal 3 Januari 2017 masih dipertemukan dengan calon generasi islam masa depan dan calon hafidz/hafidzah In shaa allah. Hari ini pun merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu dan bahagia. Sangat ditunggu-tunggu karena kami sudah lama tidak berjumpa  dan menyapa kembali anak-anak yang sholeh dan dan sholeha. Melihat senyum, sapa, cerita dan canda mereka merupakan salah satu obat dikala duka dan suka.

Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama bagi kami sebagai guru dan anak-anak sebagai murid kembali berbagi ilmu dan mendidik anak-anak kami sebaik mungkin. Ada tradisi yang unik di sekolah kami SD Islam Al-Izzah Purwokerto. Ya….di hari pertama anak-anak masuk sekolah kondisi kelas dan sekolah masih belum dirapikan dan masih kotor. Hal tersebut dikarenakan untuk melatih rasa peduli dan mencintai kebersihan baik di kelas , sekolah, rumah dan masyarakat.

img_20170103_095016 img_20170103_095707

Pertama kali anak-anak masuk kelas Alhamdulillah suasana kelas tidak ada yang berubah. Hanya saja banyak dari mereka bertanya tentang kegiatannya dihari ini. Ustadz hari ini belajar tidak? Ustadz hari ini menulis tidak? Ustadz hari ini mengaji tidak? Masih banyak pertanyaan yang keluar dari wajah lugu dan polos yang keluar dari benak anak-anak. Setelah ustadz dan ustadzah menerangkan kegiatan hari ini tentang membersihkan kelas dan sekolah Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan semangat untuk ikut membersihkan bersama ustadz dan ustadzahnya. Adapaun tempat yang dibersihkan beraneka ragam ada ruangan kelas 1 – 6, tempat wudlu putra dan putri, aula, tangga kelas, halaman tengah sekolah, halaman depan sekolah dan toilet putra/putri.

img_20170103_095214 img_20170103_095800

Setelah pembagian kelompok dimulai dan bersiap-siap untuk bersih-bersih anak-anak sudah siap untuk mendapatkan tugasnya masing-masing. Ada yang bertugas menyapu, mengepel, membersihkan rak sandal/sepatu, menangangkat meja/kursi dan sebagainya. Disinilah kami menemukan Alhamdulillah rasa ukhuwah dan peduli mereka terhadap kebersihan masih ada dan tinggi. Tradisi gotong royong yang saat ini sudah jarang ditemui Alhamdulillah masih ada di sekolah kami. Dari sinilah kami belajar dan mengenal akhlaq dan karakter mereka sebesar apa cinta/peduli mereka terhadap lingkungan dan yang paling penting sebesar apa cinta/peduli mereka sesama saudaranya. Inilah hasil kerja mereka

img_20170103_100119 img_20170103_095231

Semoga kelak engkau menjadi pribadi yang peduli dan menjadi generasi umat yang banyak memberikan manfaat bagi sesama ya anak ku. Sesuai hadist “ orang yang paling baik adalah orang yang banyak memberikan manfaat bagi sesama muslim”. “aamiin”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *