fbpx

KHOTMUL QUR,AN DAN IMTIHAN TARTIL DAN TAHFIDZ JUZ 29,30 METODE UMMI ANGKATAN KE-3 SD ISLAM AL IZZAH PURWOKERTO

Khotmul Qur’an– Mempelajari Al qur,an merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. Salah satu program unggulan yang dimiliki SD Islam Al-Izzah Purwokerto adalah pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode UMMI. Kegiatan Khotmul Qur’an merupakan tahapan akhir bagi para siswa setelah melalui proses pembelajaran dan serangkaian ujian. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi keluarga besar SD Islam Al-Izzah untuk senantiasa mengamalkan ajarannya dan menjadi bahan evaluasi sudah sejauh mana para siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan tajwid.

Khotmul qur’an Imtihan Tartili Metode Ummi Angkatan ke-3 dan Tahfidz Juz 30 dan 29 dilaksanakan pada Hari Sabtu (21/05/2022) dari pukul 07.00-12.00 bertempat di D’Garden Hall & Resto Purwokerto. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan Al Qur’an menjadi pedoman yang aktual dan dapat dirasakan sebagai syifa’ dan rohmatan lil’alamin, memberikan motivasi untuk hidup sebagai muslim yang baik serta menghidupkan syi’ar Islam.

Wisudawan khotmul Qur’an angkatan ke-3 ini terdiri dari 30 siswa dimana 20 siswa merupakan peserta Khotmul Qur’an Imtihan Metode Ummi dan 10 siswa peserta Tahfidz Juz 30 dan 29. Acara ini juga dihadiri oleh guru SD Islam Al-Izzah, orangtua wisudawan, Guru TK Al-Izzah, rumah Qur’an Al-Izzah serta tokoh masyarakat dan umum dengan jumlah 200 orang.

Selama acara ini berlangsung dipandu oleh Ustadz Ady dan Ustadz Amin, serta berkat kerjasama dengan Komite SD Islam Al-Izzah Purwokerto, Auto 77, Bank Muamalat cabang Purwokerto, Ina Cookies, Niqab Squad-official, Nasi Gandul pak Bedjo, Rumah Belanja Attaqi, Khadeeja Hijab Squad, Percetakan Wish Jaya, Jossfood, NS putra, Safana Tour dan Travel cabang Purwokerto, Rumah kebon.

Acara dibuka dengan membacakan QS At Takatsur- QS An Naas, dilanjutkan dengan QS Al Baqarah ayat 1-5 oleh para wisudawan. Untuk doa Khotmil Qur’an dibacakan oleh Ananda Mush’ab Aburrahman.

Kegiatan Khotmil Qur’an bukanlah ajang bangga-banggaan, bukan ajang untuk pamer melainkan merupakan laporan pertanggungjawaban secara langsung Lembaga SD Islam Al-Izzah dimana ada pembelajaran Al Qur’an yang berkualitas. Dalam acara ini para wisudawan akan diuji public dimana tamu undangan bahkan orangtua/wali muird boleh menguji wisudawan terkait materi-materi tartil serta tahfidz juz 30 dan 29 yang dipandu langsung oleh Ustadz Ali Ahmad A.

Semoga kedepannya anak-anak bisa menjadi generasi Qur’ani yang mandiri dan berprestasi serta kelak bisa memakaikan mahkota dan jubah kemuliaan untuk ayah bunda di Surga. Tetap semangat belajar Al qur’an anak-anak, dimanapun kalian berada jadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *