fbpx

Outingclass ke Monumen Jendral Soedirman

Tidak ada kata terlalu dini untuk mengajarkan arti kemerdekaan pada anak, seperti kali ini tema disekolah TK Islam Al-Izzah Purwokerto adalah Kemerdekaan Indonesia. Tema ini adalah tema andalan disetiap bulan Agustus, tujuannya adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme sejak dini,menanamkan rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih oleh para pahlawan, menghargai perjuangan para pahlawan yang bersusah payah memperjuangkan Indonesia dan menumbuhkan sikap disiplin,tertib dan tolong menolong pada diri anak.

Jadi pada outing class TK Islam Al-Izzah Purwokerto kali ini, puncak tema kemerdekaan yaitu dilaksanakan dengan mengunjungi secara langsung Monumen Pahlawan yang ada di Purwokerto yaitu Monumen Jendral Soedirman. Alhamdulillah anak-anak begitu antusias dan senang walaupun tanpa didampingi orangtua. Kegiatan yang berhasil kami laksanakan di monumen Jendral Soedirman adalah :

  • Mengelilingi monumen
  • Bermain dirumah kelinci
  • Melihat miniatur kegiatan gerilya Jendral Soedirman
  • Berfoto bersama patung Jendral Soedirman dipuncak monumen
  • Bermain di Playground
  • Menaiki Tank tempur

Walaupun sebagian besar anak-anak belum memahami arti pentingnya mengunjungi monumen, namun kami yakin hal tersebut dapat memberikan pengalaman berarti bagi anak-anak. Semoga melalui kunjungan ini, anak-anak mampu mengenal sejarah masa lalu,anak mampu menyampaikan informasi melalui bahasa mereka sendiri serta mau mengenang jasa para pahlawan dan meneladaninya.

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (QS Al Baqarah : 154).

Selain kegiatan outing class dengan mengunjungi monumen jenderal soedirman, TK Islam Al-Izzah Purwokerto juga melakukan kegiatan seperti berenang dan perayaan HUT RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *